bintang kursor

Rabu, 23 November 2011

organisasi


A.Pengertian Organisasi
Organisasi merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan perusahaan untuk melalui pelaksaan fungsi-fungsi menejemen yang dilakukan seorang pimpinan dengan organisasi yang tercipta diperusahaan yang bersangkutan. Jadi keberhasilan perusahaan tergantung pada organisasi terutama stuktur organisasi yang dianut.
Menurut Boone dan katz didefinisikan sebagai berikut:
Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
            Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi mencakup 3 elemen pokok:
1.      Interaksi manusia
2.      Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3.      Struktur organisasi itu sendiri

1.1  Pola organisasi
Pola organisasi dibagi menjadi dua bagian yaitu organisasi formal dan organisasi informal. 
a)      Organisasi formal
Adalah organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertrentu yang disadari pula dengan sistem tugas.
b)      Organisasi informal
Adalah organisasi yang  tercipta karena ada hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaannya tanpa didasarkan pada hubungan wewenang formal pada struktur organisasi maupun kesepakatan tujuan bersama.
1.2  Struktur Organisasi
Struktur organisasi merupakan dari dua buah bentuk pola organisasi. Adapun struktur organisasi ini secara otomatis merupakan perwujutan struktur organisasi formal dengan jalan menganalisis jabatan – jabatan apa yang harus diperlukan dalam mencapai tujuan untuk kemudian menentukan kualifikasi maupun jumlah orang yang diperlukan untuk mengisis jabatan-jabatan yang telah ditentukan.
Struktur organisasi yang dibentuk akan selalu berdasarkan pada 3 komponen organisasi yaitu:
1.      Interaksi kemanusiaan
2.      Kegiatan yang terarah ketujuan
3.      Struktur
Berdasarkan ketiga komponen keorganisasi itu seorang menejer puncak itu harus
dapat mengkoordinir kegiatan-kegiatan karyawan dalam mencapai tujuan keorganisasi.  


1.3  Bentuk Organisasi
Bentuk struktur organisasi dapat dibagi menjadi 6 golonagan yaitu:  

1.           Organisasi lini atau garis adalah bentuk oeganisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan kebawahan.
Ciri-cirinya:
a)      Jumlah karyawan sedikit
b)      Sarana dan alatnya terbatas
c)      Hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung
 

2.           Organisasi fungsional adalah suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikejar kepada para pelaksana yang mempunayai keahlian khusus.
Ciri-cirinya:
a)  Organisasi kecil
b)  Didalamnya terdapat kelompok-kelompok staf ahli
 c)  Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas  


3.           Organisasi Garis dan Staff adalah suatu bentuk organisasi dimana kelimpahan wewenang berlangsung secara vertikal dan sepenuhnya dari pucuk pimpinan kekepala bagian di bawahnya serta masing-masing pejabat
Ciri-cirinya:
a)      Hubungan atasan dan bawahan tidak seutuhnya secara langsung
b)      Karyawan banyak
c)      Organisasi besar 
















4.           Organisasi Fungsional dan Garis adalah bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi di limpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang keoordinasinya tetap diserahkan kep[ada kepala bagian.
Ciri-cirinya:
a)      Tidak tampak adanya perbedaan antara tugas pokok dan bantuan
b)      Spesialisasi secara praktis pada pejabat fungsional
c)      Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tempat eselon.

5.           Organisasi Matrik adalah organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukkan dimana para spesialis yang mempunyai keterampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus dikerjakan.
Ciri-cirinya:
a)      Menghasilkan wewenang ganda
b)      Untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul

6.           Organisasi Komite adalah bentuk organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan boarddengan pluaristic menejemen.
Organisasi komite terdiri dari:
a)      Executive committe (pimpinan komite)
Yaitu para anggotanya mempunyai wewenang lini
b)      Staff committe
Yaitu orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staff 
     

     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar